Rabu, 24 Juni 2009

mumps and Rest ....

MuMpS a.k.a paRotitis a.k.a GondoNgan

Hari ke delapan bed rest .. Ahirnya tadi aq kdokter LAGI .. setelah obat dari dokter yang pertama abis n hasilnya cm bs nurunin panas dan ngilangin sakit nya aja ..

Jadi aq sakit Gondongan yang bahasa ilmiahnya Parotitis. Penyakit menular dimana sesorang terinfeksi oleh virus (Paramyxovirus) yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah. Pada awal penyakit, gejala yang muncul justru demam, sakit kepala, lesu, nafsu makan kurang,disusul dengan pembengkakan pipi di daerah rahang bawah dekat telinga dan nyeri leher/telinga.

Gejala gondongan biasanya dimulai dari demam, pusing, mual, dan pegal-pegal di otot, terutama otot-otot di daerah leher. Gondongan termasuk self limiting disease atau akan sembuh sendiri meski tidak diobati.

Tetapi, gondongan bisa menjadi berat dan lama. Tergantung kerusakan sel-sel di kelenjar ludah, pada umumnya sel-sel kelenjar ludah yang terkena virus tidak akan sampai hancur, dan hanya membengkak. Kalau selnya membengkak, maka saluran kelenjar ludahnya pun tersumbat. Akibatnya, produksi air ludah tersumbat, kemudian mengumpul. Sehingga, pengeluaran air ludahnya juga tersumbat. Akibatnya, bengkaknya pun akan makin parah.

Sumpah ini rasanya nyiksa banget. Apalagi 4 hari di awal. Aq ga bisa makan, ga bisa nelen pokoknya nangis mulu. Sakitnya bukan kepalang. Dulu aq suka nyepelein penyakit gondongan sekarang ampun de .. ga bakal aq nyepelein penyakit yang udah lama ada ini ...

Jadi kata dokter aq tadi aq masih harus nunggu sekitar 15 hari lagi untuk sembuh. Belum lagi ada kelenjar dibawah lidah aq yang kena infeksi juga. Yang bengkaknya bakal lebih lama sembuh dari si bengkak gondongan ini. Waaaahhh!!! makin kaya keong aq kalo begini caranya.

Sayaaaaaaaaaaaaaaang ..... Terimakasih bangeeeeet yaaaaaaaaaaa ... :)

Untungnya aq punya pacar yang ngertiin aq banget. Dia tau banget gimana rasanya mati gaya selama dikarantina di rumah. Mungkin dia ga tega juga kali yah dengerin aq nangis-nangis kesakitan kl sakitnya kumat. Dia sibuk cariin aq DVD, setiap pulang kerja nengokin n bawain aq oleh-oleh dan tadiiiii ..... dia anter aq ke dokter lagi. Padahal 2 malem sebelumnya dia pulang lewat dari tengah malam.

Setiap hari dia selalu tanya "sayang badan kamu uda baikan belum?", "sayang kamu panas lagi ngga yah?", "sayang jangan lupa makan n minum obatnya yah biar kamu cepet sembuh biar ga sakit-sakit lagi." atau ngga "sayang, kamu mau aq bawain apa?" hmmmm ... sayaaaaaang ... kl kamu yg sakit bisa ngga yah aq seperhatian km k aq ???

Hmmmm ....... sedihnya .. sekarang dia lagi pilek .. gara-gara kecapean kerja eeennnn pastiiii .. ditambah gara-gara ngurusin aq setiap pulang kerja .. saaayaaaang ... ga tega aq liat kamu pilek ... cepet sembuuuuuh ya sayaaang ... cuuup cuuuuppp .....




0 comments:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates